Mahir Komputer

berbagi pengetahuan dan tips & Trik komputer

Komponen-Komponen Komputer

Dalam merakit PC (PersonalComputer) langkah awal yang harus dipersiapkan adalah adalah peripheral atau perangkat keras sebuah computer. Setiap peripheral memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing. PC (Personal Computer) tidak akan bisa digunakan tanpa peripheral. Di ibaratkan seperti bagian tubuh manusia, tanpa jantung tidak akan bisa hidup. Begitu juga PC (Personal Compter). Tak perlu banyak basa-basi, lngsung saja berikut ini adalah beberapa peripheral yang disiapkan dalam merakit PC(Personal Computer) beserta fungsinya.

1.      Power Supply (PSU)
 
merupakan jantung dari sebuah sistem Komputer. Bertugas menyuplai sumber daya listrik ke semua peripheral/hardware computer.

2.      Processor
Sama seperti manusia, computer juga mempunyai otak. Prosesor merupakan otak dari sistem computer yang bertugas menghitung input intruksi yang diberikan oleh perangkat lunak lalu memberikan output berupa hasil perhitungan. Semakin cepat prosesor maka semakin banyak intruksi/perintah yang dapat di eksekusi dalam satu waktu.

3.      Heatsink & Fan (HSF)
Prosesor merupaka hardware yang mudah panas dan rawan rusak karena tanggung jawabnya yang berat. Untuk itu Heat sink bertugas untuk menyerap panas prosesor dan panas akan dibuang/dihisap keluar oleh fan/kipas.

4.      Motherboard / Mainboard
Motherboard / Mainboard adalah tempat semua peripheral / hardware terpadu. Lalulintas data diatur disini. Pengaturan settingan semua hardware ada di dalam BIOS.

5.      RAM atau Memory
Sebagai alat penyimpan data sementara karena data akan hilang jika tidak ada supply listrik (computer dalam keadaan mati). Juga bekerja menyimpan data sementara sebelum di simpan ke harddisk karena akses data ke memory lebih cepat disbanding harddisk. Semakin besar kapasitas ram semakin banyak data & program aplikasi yang dapat dibuka sehingga akan mempercepat kinerja computer.

6.      Harddisk
Harddisk merupakan media penyimpan data permanent sama seperti lemari berkas. Kapasitas harddisk tidak berpengaruh pada kinerja computer. Harddisk mempunyai interface/antarmuka IDE (P ATA) dan yang terbaru adalah SATA.

7.      Optical Drive
Optical drive merupakan alat untuk membaca (menulis) cakram data seperti CD atau DVD.

8.      Kabel IDE
Kabel ini merupakan media transfer dari harddisk dan Optical Drive ke motherboard / Mainboard. Kabel ini mempunyai dua jenis yaitu IDE ATA yaitu jenis kabel yang sudah lama dan sekarang mungkin sudah jarang digunakan. Kedua IDE SATA yaitu jenis kabel yang lebih kecil dan simple.

9.      Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC) berfungsi mengatur lalu lintas komunikasi data dari computer dengan computer lain. Indicator Network Interface Card (NIC) ini adalah adanya lampu yang berada di mulut konektor RJ-45 pada Network Interface Card (NIC) sebagai tanda lalu lintas data (traffic).

10.  Network Interface Card (NIC) Wireless
Fungsinya sama dengan Network Interface Card (NIC) namun tidak menggunakan kabel sebagai media penghantar data, melainkan menggunakan gelombang radio tanpa kabel.

11.  Kabel Jaringan
Kabel jaringan berfungsi sebagai media penghantar data antara satu computer dengan computer yang lain.

12.  Video Adapter (VGA Card)
Berfungsi untuk mengolah tampilan atau display sehingga tidak membebani kerja prosesor. Hasil pengolahan di keluarkan ke monitor.


Selain peripheral / hardware yang sudah dcantumkan diatas, masih ada lagi, yaitu casing computer, mouse, keyboard dan monitor. Karena ketiga hardware ini sudah sangat umum dikenal maka tidak saya cantumkan lagi. Nah… Setelah semua peripheral siap, baru memulai perakitan. Untuk merakit PC yang mudah dan benar kalian dapat membacanya disini -> merakit Komputerdangan mudah dan benar
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Komponen-Komponen Komputer"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top