Mahir Komputer

berbagi pengetahuan dan tips & Trik komputer

Langkah demi langkah menginstal Ubuntu



Langkah demi langkah menginstal Ubuntu
Sebelum  anda  melakukan  proses  instalasi  ubuntu  ada  beberapa  hal  yang  harus anda siapkan terlebih dahulu:
1.       Siapkan  seperangkat  komputer  dengan  spesifikasi  minimum  (lebih  tinggi  lebih baik)
a.       Memory / RAM 256 MB (disarankan 512 MB)
b.      Ruang kosong hardisk minimum adalah 5 GB (1 GB tanpa desktop)
2.       Perlu anda ketahui diawal bahwa dalam proses instalasi linux ada syarat minimal partisi  yang  harus  disediakan  yaitu  (root “/”  dan  swap),  proses  pembuatan partisi akan pula dijabarkan disini.
3.       Secangkir kopi/the, sebagai teman dan camilan. Hehe just kidding :D
Oke, Setelah  semuanya  siap,  maka  perhatikan  dan  ikutilah  langkah-langkah  dalam  proses instalasi linux ubuntu berikut ini :
1.       Siapkan  CD  Installer  Ubuntu  9.04  (LIVE  CD  atau Alternate),  Jika  belum  memiliki dapat di download  Ubuntu 9.04  Desktop yang berbentuk *.iso, jika telah selesai di download Burn ISO image ke CD blank, Anda dapat menggunakan Nero, Power ISO, atau CD Burner XP, bagi yang pakai linux desktop KDE bisa menggnakan K3B, di Gnome dapat menggunakan Gnome Baker.
2.       Masukkan CD Installer Ubuntu 9.04  ke CD Rom Drive, lalu restart PC atau Notebook anda kemudian booting via CD Rom Drive anda dan akan tampak screen awal untuk pilihan  bahasa  yang  anda  gunakan  dalam  proses  instalasi,  disarankan  memilih  bahasa default installer yaitu English (seperti tampak pada gambar  dibawah ini), lalu tekan enter.
3.       Kemudian  akan  tampak  seperti gambar dibawah  ini,  dimana  ada  lima  opsi  yang dijadikan sebagai pilihan yaitu :
a.       Try Ubuntu without any change to your computer
b.      Install Ubuntu
c.       Check CD for Defects
d.      Test memory
e.      Boot from hardisk
Karena  dalam  hal  ini  akan  saya  jabarkan  untuk  proses  instalasi  maka  pilihlah “nomor 2” yaitu install ubuntu, kemudian tekan enter.
4.       Setelah anda memilih proses instalasi seperti pada  Langkah 3  diatas maka anda harus sedikit bersabar karena komputer anda sedang melakukan proses pembacaan cd installer ubuntu anda perhatikan gambar dibawah ini, sambil menunggu silahkan minum kopi atau teh yang telah anda buat tadi. Hehe
5.       Setelah proses “loading” selesai maka akan tampak, seperti gambar  dibawah ini, yang harus  anda  lakukan  disini  adalah  anda  pilih  bahasa  yang  ingin  digunakan  selama instalasi (saran penulis untuk pemula, pilih saja English), lalu klik "forward".
6.       Kemudian  pada  layar  akan  muncul  gambar  Peta  dunia  seperti  tampak  pada  gambar dibawah ini, yang gunanya adalah untuk menentukan lokasi dimana anda berada, karena hal  ini  akan  berhubungan  dengan  penentuan  Jam  dan  Tanggal  komputer  anda  dari sistem, Dalam contoh kasus ini pilih saja Jakarta untuk WIB. Lalu klik "forward".
7.       Kemudian  pada  layar  akan  muncul  panduan  dalam  memilih  layout  keyboard  seperti tampak pada  gambar  dibawah ini, secara  default keyboard akan memilih US. english, dan mayoritas keyboard komputer yang beredar di Indonesia menggunakan Layout ini. (Hati-hati  dalam  penentuan  layout  keyboard  anda,  karena  jika  salah  memilih  maka keyboard anda tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya ketika anda menggunakan linux ubuntu ini) Sebagai saran anda harus mencoba mengetikkan beberapa tombol di tempat yang telah disediakan di bagian bawah layar, setelah  yakin lalu klik "forward".
8.       Langkah berikutnya merupakan bagian terpenting dalam proses instalasi ini, karena jika salah bukan hanya linux yang anda install tidak jadi, tapi bisa-bisa data yang anda miliki pada hardisk tersebut juga bisa hilang, rusak atau sebagainya, dan itu pasti akan sangat merugikan  anda. Oleh karena itu perhatikan baik-baik langkah ini, Pada layar ini  akan muncul 4 opsi yaitu :
a.       "Install Them side by side choosing between theam each startup"
b.      "Use entire disk"
c.       "Use the largest continous free space"
d.      “manual”
Pada tahap ini kita pilih yang manual. Bagi yang harddisknya kosong dan ingin di isi dengan OS Ubuntu semua pilih yang use entire disk. Pilih partisi di hardisk tertentu yang akan dipakai untuk Ubuntu yang baru akan diinstall, klik "delete partition" maka akan partisi tersebuta akan menjadi " free Partition"  untuk  hardisk  baru  yang  beum  diformat  maka  akan  secara  default menjadi "free partition" lalu pilih partisi tersebut dan klik "New Partition" untuk membuat partisi root yang baru, untuk Type For the New partition pilih Primary, lalu  tentukan  Kapasitas  yang  kan  anda  alokasikan  pada  tab  size  dalam  MB, sebagai  contoh  ketik  10000=10GB,  5000=5GB  dan  seterusnya,  lewatkan  opsi Location  dan Use as (biarkan secara Default) lalu pilih Mount Point di "/".
Dan untuk membuat swap area, pada Use as pilih “Swap Area”. Swap area merupakan ukuran dua kalinya ukuran RAM kita.
9.       Mengisi profil pilih real name, terserah saja, untuk menentukan username dan password login ke ubuntu anda, kalau anda termasuk tipe orang yang "sangat pelupa" ya siapkan pena dan kertas untuk mengingat username dan password yang telah anda isikan.  Klik “forward”.
Ubuntu Siap untuk Diinstall "Ready to Install" klik install




10.   Ubuntu akan menyelesaikan proses penginstalan kurang dari 10 menit tergantung dari spesifikasi PC atau Notebook anda
11.   SELAMAT  UBUNTU  9.04  SUDAH TERINSTALL,  loginlah  dengan  username  dan password yang telah anda pilih, jangan sampai lupa.
Baca juga :
1.       cara menginstall Debian berbasis Text
2.       cara menginstall Windows 7

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Langkah demi langkah menginstal Ubuntu"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top